Tips Mudah Agar Anak Senang Berolahraga

Olahraga asik dan menyenangkan..


Berolahraga memang sangat penting untuk kesehatan, terutama untuk anak-anak yang dalam masa pertumbuhan. Membiasakan diri sejak usia dini untuk berolahraga sangat dianjurkan bagi anak, apalagi untuk anak yang sudah mulai menginjak umur 6 tahun sampai 11 tahun. Biasanya mereka berolahraga dengan sendirinya tanpa harus disuruh orang tua, namun ada beberapa anak yang tidak mau untuk berolahraga karena alasan-alasan tertentu.
Untuk orang tua yang memiliki anak yang “malas” berolah raga, mungkin bisa menerapkan beberapa tips yang berguna untuk memancing anak agar mencintai olahraga.
Kenali olahraga yang disukai anak dan tanamkan pentingnya olahraga
Sebagai orangtua tentunya bisa melihat dan memperhatikan olahraga apa yang anak senangi, itu bisa dimulai dari kebiasaan mereka di rumah, misalnya anak suka dengan futsal, sepakbola, bersepeda atau suka renang. Terkadang anak menyukai olahraga tertentu namun mereka sepertinya tidak mau melakukan kegiatan olahraga tersebut secara rutin.
Setelah mengetahui olahraga yang disukai anak, jangan lupa untuk menjelaskan pentingnya olahraga tersebut untuk kesehatan, seperti futsal sangat berguna melatih otot-otot kaki dan melatih kerjasama tim, atau berenang bisa membuat tubuh semakin bugar serta bagus untuk pernafasan. Pada fase ini tanamkan pengertian kepada anak bahwa olahraga penting bagi tubuh kita agar kita selalul fit dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.
Ajak berolahraga bersama sekaligus sebagai bentuk dukungan
Ajaklah ketempat olahraga anak yang mereka sukai, jika sebelumnya anak menunjukan suka dengan olahraga futsal, maka ajak dan rutinkan olahraga tersebut. Dengan begitu bisa mendorong serta memotivasi anak untuk berolahraga dan membuat anak lebih senang karena berpikiran orang tua mereka juga ternyata memiliki hobi olahraga yang sama.
Selain itu anak juga akan berpikir bahwa mereka mendapat kepercayaan dan dukungan orang tua dalam menjalankan aktifitas mereka berolahraga. Jika anak anda suka futsal, ajaklah mereka bermain futsal bersama atau masukkan mereka ke dalam sekolah futsal atau akademi futsal. Jangan lupa untuk memonitor perkembangan olahraga anak, apakah ada perkembangan atau tidak. Jika terjadi masalah dalam olahraga mereka, selalu komunikasikan kepada anak agar jangan sungkan untuk konsultasikan masalah tersebut terutama yang bisa menghambat dalam kegiatan olahraga mereka.
Orangtua harus mencintai olahraga untuk menjadi teladan
Sebagai orang tua alangkah bijaknya mencintai olahraga sebelum mengajak anak untuk mencintai olahraga mereka. Hal tersebut akan menjadi contoh dan teladan untuk anak, kemungkinan anak untuk mencintai olahraga akan semakin kecil jika orangtua yang jadi panutan malas untuk olahraga. Dengan mencintai olahraga, maka dengan mudah akan mencontoh perilaku hidup sehat dari orang tua mereka lewat olahraga.
Semoga dengan berolahraga, selain manfaatnya bagus untuk tubuh juga bisa memperkuat hubungan dengan keluarga, terutama anak kita yang senang berolahraga. Dengan begitu anak pun bisa tumbuh sehat dan belajar dengan penuh semangat.
Tips Mudah Agar Anak Senang Berolahraga Tips Mudah Agar Anak Senang Berolahraga Reviewed by sfmetlandmenteng on 09:25 Rating: 5

No comments